Materi singkat Kegiatan 2.8 Gabungan (Union) Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017. Soal Ayo Kita Berlatih 2.7 Diagram Venn terdapat dalam halaman 158-159 buku paket matematika kelas 7 SMP kurikulum 2013 Revisi 2017. jawaban soal merupakan bahan evaluasi diri bagi adik-adik setelah mengerjakan soal di latihan kegiatan Ayo Berlatih 2.8 tersebut.
1). Diketahui himpunan A ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}, himpunan B = {1, 3, 5, 7}, C = {1, 2, 3, 4}, himpunan D = {4, 5, 6, 7}, tentukan anggota-anggota dari
a. A ∪ B
b. A ∪ C
c. A ∪ D
d. B ∪ C
e. B ∪ D
f. C ∪ D
Jawab:
a. A ∪ B = {1,2,3,4,5,6,7,8} ∪ {1,3,5,7} = {1,2,3,4,5,6,7,8} atau A
b. A ∪ C = {1,2,3,4,5,6,7,8} ∪ {1,2,3,4} = {1,2,3,4,5,6,7,8} atau A
c. A ∪ D = {1,2,3,4,5,6,7,8} ∪ {4,5,6,7} = {1,2,3,4,5,6,7,8} atau A
d. B ∪ C = {1,3,5,7} ∪ {1,2,3,4} = {1,2,3,4,5,7}
e. B ∪ D = {1,3,5,7} ∪ {4,5,6,7} = {1,3,5,6,7}
f. C ∪ D = {1,2,3,4} ∪ {4,5,6,7} = {1,2,3,4,5,6,7}
2). Diketahui S ={bilangan Cacah kurang dari 15}
A = {bilangan asli genap kurang dari 11}
B ={bilangan asli ganjil kurang dari 8}
C ={bilangan asli lebih dari 4 dan kurang dari 7}
a. Tentukan anggota dari himpunan S, A, B, dan C
b. Tentukan anggota dari B ∪ C, A ∪ B, A ∪ C, dan A ∪ B ∪ C
c. Gambarlah diagram Venn-nya
Jawab:
(a).
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14}
A = {2, 4, 6, 8, 10}
B = {1, 3, 5, 7}
C = {5, 6}
(b).
B ∪ C = {1, 3, 5, 6, 7}
A ∪ B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10}
A ∪ C = {2, 4, 5, 6, 8, 10}
A ∪ B ∪ C = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10}
(c). Diagram venn
3). Diketahui S = {x │–10 ≤ x ≤ 10 }
P = {x │–5 ≤ x ≤ 5 }
Q = {x│–8 ≤ x ≤ 2 }
R = {x│–2 ≤ x ≤ 8 }
a. Tentukan anggota dari himpunan P, Q, R, dan S
b. Tentukan anggota dari P ∪ Q, P ∪ R, Q ∪ R, dan P ∪ Q ∪ R
c. Gambarlah diagram Vennya
Jawab:
(a).
S = {x │–10 ≤ x ≤ 10 }maka S = {-10,-9,-8,-7,-6,-5,-4,-3,-2,-1,0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,10}
P = {x │–5 ≤ x ≤ 5 }P = {-5,-4,-3,-2,-1,0,1,2,3,4,5}
Q = {x│–8 ≤ x ≤ 2 }, Q = {-8,-7,-6,-5,-4,-3,-2,-1,0,1,2}
R = {x│–2 ≤ x ≤ 8 }, R = {-2,-1,0,1,2,3,4,5,6,7,8}
(b).
P∩Q = {-5,-4,-3,-2,-1,0,1,2}
Q∩R = {-2,-1,0,1,2}
P∩R = {-2, -1,0,1,2,3,4,5}
P∩Q∩R = {-2,-1,0,1,2}
(P∪Q∪R) komplemen = {-10,-9,9,10}
(c). Diagram Venn
4). Dalam suatu kelas terdapat 26 siswa gemar pelajaran Matematika, 20 siswa gemar Bahasa Indonesia, 10 siswa gemar keduanya, dan 5 siswa tidak gemar keduanya.
a. Gambarlah diagram Venn dari keterangan tersebut
b. Tentukan banyak siswa dalam kelas tersebut
Jawab :
(a). Gambar diagram Venn pada lampiran
(b). Banyaknya siswa suka mata pelajaran pelajaran matematika dan bahasa Indonesia = 10 orang.
Banyaknya siswa suka mata pelajaran matematika = 26 - 10 = 16 orang.
Banyaknya siswa suka mata pelajaran bahasa Indonesia = 20 - 10 = 10 orang.
Banyaknya siswa tidak suka mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia = 5 orang.
Banyaknya siswa = 10 + 16 + 10 + 5 = 41 orang.
Jadi, banyaknya siswa ada 41 orang.
Alternatif Jawaban Mengunakan Rumus GILA
G + I = La
G = gabungan atau keseluruhan = ( Yang Ditanya )
I = Irisan atau yang kedua-duanya = 10
La = Lain-lain, sesuai angka yang diketahui = 26, 20 , 5
jadi menurut Rumus GILA
G + I = La
G + 10 = 26 + 20 + 5
G + 10 = 51
G = 51 - 10
G = 41
Jadi banyaknya siswa ada 41 Orang
1). Diketahui himpunan A ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}, himpunan B = {1, 3, 5, 7}, C = {1, 2, 3, 4}, himpunan D = {4, 5, 6, 7}, tentukan anggota-anggota dari
a. A ∪ B
b. A ∪ C
c. A ∪ D
d. B ∪ C
e. B ∪ D
f. C ∪ D
Jawab:
a. A ∪ B = {1,2,3,4,5,6,7,8} ∪ {1,3,5,7} = {1,2,3,4,5,6,7,8} atau A
b. A ∪ C = {1,2,3,4,5,6,7,8} ∪ {1,2,3,4} = {1,2,3,4,5,6,7,8} atau A
c. A ∪ D = {1,2,3,4,5,6,7,8} ∪ {4,5,6,7} = {1,2,3,4,5,6,7,8} atau A
d. B ∪ C = {1,3,5,7} ∪ {1,2,3,4} = {1,2,3,4,5,7}
e. B ∪ D = {1,3,5,7} ∪ {4,5,6,7} = {1,3,5,6,7}
f. C ∪ D = {1,2,3,4} ∪ {4,5,6,7} = {1,2,3,4,5,6,7}
2). Diketahui S ={bilangan Cacah kurang dari 15}
A = {bilangan asli genap kurang dari 11}
B ={bilangan asli ganjil kurang dari 8}
C ={bilangan asli lebih dari 4 dan kurang dari 7}
a. Tentukan anggota dari himpunan S, A, B, dan C
b. Tentukan anggota dari B ∪ C, A ∪ B, A ∪ C, dan A ∪ B ∪ C
c. Gambarlah diagram Venn-nya
Jawab:
(a).
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14}
A = {2, 4, 6, 8, 10}
B = {1, 3, 5, 7}
C = {5, 6}
(b).
B ∪ C = {1, 3, 5, 6, 7}
A ∪ B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10}
A ∪ C = {2, 4, 5, 6, 8, 10}
A ∪ B ∪ C = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10}
(c). Diagram venn
3). Diketahui S = {x │–10 ≤ x ≤ 10 }
P = {x │–5 ≤ x ≤ 5 }
Q = {x│–8 ≤ x ≤ 2 }
R = {x│–2 ≤ x ≤ 8 }
a. Tentukan anggota dari himpunan P, Q, R, dan S
b. Tentukan anggota dari P ∪ Q, P ∪ R, Q ∪ R, dan P ∪ Q ∪ R
c. Gambarlah diagram Vennya
Jawab:
(a).
S = {x │–10 ≤ x ≤ 10 }maka S = {-10,-9,-8,-7,-6,-5,-4,-3,-2,-1,0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,10}
P = {x │–5 ≤ x ≤ 5 }P = {-5,-4,-3,-2,-1,0,1,2,3,4,5}
Q = {x│–8 ≤ x ≤ 2 }, Q = {-8,-7,-6,-5,-4,-3,-2,-1,0,1,2}
R = {x│–2 ≤ x ≤ 8 }, R = {-2,-1,0,1,2,3,4,5,6,7,8}
(b).
P∩Q = {-5,-4,-3,-2,-1,0,1,2}
Q∩R = {-2,-1,0,1,2}
P∩R = {-2, -1,0,1,2,3,4,5}
P∩Q∩R = {-2,-1,0,1,2}
(P∪Q∪R) komplemen = {-10,-9,9,10}
(c). Diagram Venn
4). Dalam suatu kelas terdapat 26 siswa gemar pelajaran Matematika, 20 siswa gemar Bahasa Indonesia, 10 siswa gemar keduanya, dan 5 siswa tidak gemar keduanya.
a. Gambarlah diagram Venn dari keterangan tersebut
b. Tentukan banyak siswa dalam kelas tersebut
Jawab :
(a). Gambar diagram Venn pada lampiran
(b). Banyaknya siswa suka mata pelajaran pelajaran matematika dan bahasa Indonesia = 10 orang.
Banyaknya siswa suka mata pelajaran matematika = 26 - 10 = 16 orang.
Banyaknya siswa suka mata pelajaran bahasa Indonesia = 20 - 10 = 10 orang.
Banyaknya siswa tidak suka mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia = 5 orang.
Banyaknya siswa = 10 + 16 + 10 + 5 = 41 orang.
Jadi, banyaknya siswa ada 41 orang.
Alternatif Jawaban Mengunakan Rumus GILA
G + I = La
G = gabungan atau keseluruhan = ( Yang Ditanya )
I = Irisan atau yang kedua-duanya = 10
La = Lain-lain, sesuai angka yang diketahui = 26, 20 , 5
jadi menurut Rumus GILA
G + I = La
G + 10 = 26 + 20 + 5
G + 10 = 51
G = 51 - 10
G = 41
Jadi banyaknya siswa ada 41 Orang
Note : jangan dijadikan jawaban ini sebagai bahan contekan saja, jadikan jawaban yang ada di blog ini sebgai bahan evaluasi setelah mengerjakan soal tersebut!!!
Jawaban Soal Ayo Berlatih Bab 2 Matematika kelas 7
1. Soal dan Jawaban Ayo Kita Berlatih Kegiatan 2.1 Matematika kelas 7
2. Soal dan Jawaban Ayo Kita Berlatih Kegiatan 2.2 Matematika Kelas 7
3. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih Kegiatan 2.3 Matematika kelas 7
4. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih Kegiatan 2.4 Matematika Kelas 7
5. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih Kegiatan 2.5 Matematika Kelas 7
6. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.6 Matematika kelas 7
7. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.7 Matematika Kelas 7
8. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.8 Matematika Kelas 7
9. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.9 Matematika kelas 7
10. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.10 Matematika Kelas 7
11. Soal dan Jawaban Uji Kompetensi 2 Himpunan Matematika kelas 7
Demikianlah Soal dan Jawaban ayo Berlatih 2.8 Matematika Kelas 7. Semoga BermanfaatJawaban Soal Ayo Berlatih Bab 2 Matematika kelas 7
1. Soal dan Jawaban Ayo Kita Berlatih Kegiatan 2.1 Matematika kelas 7
2. Soal dan Jawaban Ayo Kita Berlatih Kegiatan 2.2 Matematika Kelas 7
3. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih Kegiatan 2.3 Matematika kelas 7
4. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih Kegiatan 2.4 Matematika Kelas 7
5. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih Kegiatan 2.5 Matematika Kelas 7
6. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.6 Matematika kelas 7
7. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.7 Matematika Kelas 7
8. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.8 Matematika Kelas 7
9. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.9 Matematika kelas 7
10. Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.10 Matematika Kelas 7
11. Soal dan Jawaban Uji Kompetensi 2 Himpunan Matematika kelas 7
Soal dan Jawaban Ayo Berlatih 2.8 Matematika Kelas 7
Reviewed by Zaenal Arifin
on
11:01 PM
Rating:
No comments: